Welcome to MY OFFICIAL BLOG diary. This blog contains about my outpouring of my heart and also my little notes.

If you come and I am pleased to read this note, please give comments that are useful to me.



By : Pricillia Putri

Sunday, 30 June 2013

Tips Simple Menjaga Kesehatan


Sehat itu menyenangkan, Karena kesehatan adalah Suatu anugerah terindah yang telah Tuhan berikan. Kita patut untuk mensyukuri itu semua. Tentu dengan menjaga kesehatan kita.
" Hidup tidak hanya sekedar untuk hidup, tapi untuk menjadi baik ". Seperti tu kata Marcus Valerius Martial.

Semua hal yang berhubungan dengan duniawi, kita harus berfikir bahwa kita akan hidup selama - lama nya. Karena pola fikir yang seperti itu akan berdampak pada semua aspek kehidupan kita. Utama nya dalam hal Kesehatan. Jika kita ingin hidup selama - lama nya dengan merasa senang, nyaman, bahagai atau lebih baik, tentu kita akan semaksimal mungkin menjaga kesehatan. Sedangkan kesehatan sendiri dibagi menjadi dua kategori. Kesehatan Jasmani (Fisik) dan Kesehatan Rohani (Jiwa). Jelas dua kategori tersebut harus kita miliki Well, artikel saya jumpa ini akan membahas kesehatan Jasmani dan Rohani.

Menjaga Kessehatan dalam sehari - hari menurut saya cukup simple. Tidak harus setiap hari minum Vitamin dan Susu Seperti anak manja. :)

1. Menjaga Lingkungan
Lingkungan tidak hanya berdampak dalam pergaulan, tetapi juga dalam kesehatan. Coba anda bayangkan sendiri, Jika lingkungan yang anda tinggal kotor atau kumuh. Tentu ini membuat anda merasa tidak nyaman bukan ? Secara tidak langsung, kesehatan Rohani anda sudah terganggu. Tak luput juga dengan kesehatan jasmani anda. Karena lingkungan yang Kotor atau Kumuh itu adalah sarang kuman yang menjadi tempat nyaman bagi wabah penyakit. Sampai disini jelas dong, mengapa menjaga lingkungan sangat penting.

2. Perhatikan Waktu Istirahat
Manusia bukanlah robot. Manusia adalah mahkluk hidup yang dimana manusia itu membutuhkan waktu untuk istirahat. Anda boleh saja terobsesi dan mementingkan karir. Tapi menurut saya, lebih penting lagi memperhatikan waktu istirahat. Saya pernah mendengar satu opini dari sebuah Film " Tidur Sore (Tidak terlalu laut malam)  danbangun pagi itu sehat. Walaupun itu dari sebuah film fiktif tapi saya setuju dengan opini tersebut. paling tidak dalam 24 Jam kita harus memiliki 6-8 Jam untuk mengistirahatkan mata, otak dan raga kita. Hal ini juga sudah di sampaikan dalam sebuah lagu " Begadang " dari raja dangdut Rhoma Irama. Begadang boleh - boleh saja, jika ada perlu nya.

3. Atur Pola dan Waktu Makan Yang Baik
Kebanyakan orang tidak perduli dengan waktu makan. Perlu anda ketahui, bahwa makan tepat waktu sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita. - Makan pagi (Breakfast)
Waktu untuk makan pagi yang tepat ialah antara jam 07.00 WIB - 09.00 WIB. Mengapa begitu? Karena untuk melakukan aktifitas sehari - hari tubuh kita membutuhkan energi yang cukup. Pola makan pagi yang bagus untuh tubuh adalah makanan yang mengandung 15-20% kebutuhan kalori harian.
- Makan Siang (Lunch)
 Pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB adalah waktu yang tepat untuk makan siang. Makan siang lebih dari jam 15.00 WIB (3 sore) menyebabkan bekurang nya berat badan sebanyak 25%. Dan ika sebalik nya.
- Makan Malam (Dinner)
Waktu Dinner yang baik untuk kesehatan tubuh adalah 2 - 4 jam sebelum tidur. atau pukul 18.00 WIB - 19.00 WIB. Posisi tidur membuat alur pencernaan tak bekerja secara optimal. Sehingga sangat disarankan makan malam 2 - 4 jam sebelum beranjak tidur.

4. Minum Air Putih Yang Cukup
Tahukah anda effek / dampak jika kekurangan mengkonsumsi air putih? Sebenar nya banyak sekali effek / dampak buruk jika kekurangan mengkonsumsi air putih. Salah satu nya Dehidrasi yang menyebabkan cairan di otak akan menurun. Oksigen yang mengalir ke otak berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Para dokter sepakat, mengkonsumsi air putih 8 gelas (2 liter) dalam sehari itu baik.

5. Jauhi Masalah Yang Terlalu Berat
Jauhilah atau Hindari masalah yang terlalu berat. Hal ini bukan berarti saya menganjurkan anda lari dari masalah. Setiap akibat pasti ada sebab nya. Hadapilah masalah yang sedang anda alami dengan Slow But Sure, seperti itu kata group band SLANK. Kesimpulan nya masalah yang berat / serius membuat anda terus berfikir bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Itu akan menyebabkan anda tidak perhatian kepada kesehatan anda. Oya, orang yang sedang mengalami masalah biasa nya GALAU, seperti itu kata anak muda. Pada artikel sebelum nya sudah saya Tuliskan TIPS JITU USIR GALAU DG CEPAT. Jangan Lupa di baca Juga :)

6. Senyum
Terdengar sangat sepele tapi besar manfaat nya. Jika di dalam Islam Senyum merupakan suatu Sodaqoh. Senyum juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda. Salah satu contoh dari manfaat senyum adalah menjegah Penyakit Stroke. Wow, keren ya :)
Tahukah anda Apa penyebab Stroke ? Penyakit Stroke di sebabkan tinggi nya epinefrin yang menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan juga merangsang gerak jantung lebih cepat sehingga dapat menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi yang dapat berdampak terhadap timbulnya penyakit stroke (karena pendarahan) serta penyakit jantung.
Tersenyum dapat menghasilkan β endorphin oleh otak. Hal ini berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menurunkan epinefrin. Seperti yang kita ketahui, Jika Epinefrin di tubuh kita rendah, pembuluh darah akan melebar dan menurunkan rangsangan pada gerakan jantung yang terlalu cepat.
Sampai disini tahu dong apa manfaat dari senyum? maka dari itu, tersenyumlah selagi kamu masih bisa tersenyum :)
Yang penting jangan senyum - senyum sendiri. Nanti dikira GILA :D

Alhamdulillah selesai juga artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin
Jika anda memiliki opini yang berbeda atauingin memberi kritik dan saran kepada saya silahkan berkomentar di bawah. Terimakasih
Terimakasih Sudah Menyimak Artil Pricillia. Jika Anda menyukai Artikel Blog Pricillia, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel Menarik Setiap hari dari Diary Pricillia

11 komentar:

zaidanxzanderz said...

follow back ny udah sorry lama

by zaidan

Imam Fahrudin said...

kalau untuk yang no 5 saya rasa setiap orang juga ingin menghindarinya. ^_^ nice info very informative.

Pricillia Putri said...

@Zaidanzadersz : iyya om gak papa... makasih ya :)

@Imam : Emang sii om, gak ada orang yang mau dg masalah,, tapi kan terkadang ada orang yang seneng nya cari problrm,, >_<

Eka Surya Yuliadi said...

suka tuh sama yng ke 6... :-D

Pricillia Putri said...

Kalo suka ambil aja mas... :D
jadiin pacar tu.. hehehe :)

Dede Thea said...

no 6 wajib tuh hukumnya.BTW nice post ,,

OM DEGE said...

ibadah dan berdoa gak ada tuh hehe

Pricillia Putri said...

kapan2 deh lia tambahin.. :)

OM DEGE said...

minum vitamin boleh gak ?

Pricillia Putri said...

boleh2 aja om,,, asal gak berlebihan.. :D

mukti said...

terima kasih banyak untuk infonya !!
cara mengobati sakit gigi

Post a Comment