Welcome to MY OFFICIAL BLOG diary. This blog contains about my outpouring of my heart and also my little notes.

If you come and I am pleased to read this note, please give comments that are useful to me.



By : Pricillia Putri

Saturday, 22 June 2013

Intip Tempat - Tempat WISATA di Kediri

Sebelum nya saya sampaikan terimakasih untuk [Menyebutkan dirinya PUTRA_MBAREP] yang telah menyumbangkan sebuah artikel untuk saya.
Kediri adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa timur – Indonesia. Kediri yang akrab dengan julukan kota tahu, memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.  Khusus nya bagi wisatawan  yang mempunyai niat untuk berkunjung ke kediri harap baca dulu sekilas ”Intipan Wisata Kediri ” . Karena ini akan sangat bermanfaat, setidak nya ini akan membantu anda memberikan gambaran dan info – info menarik seputar wisata yang ada di kediri yang tidak boleh anda lewatkan.
1.    Gunung Kelud


Gununng kelud terletak di perbatasan antara kediri – blitar. Tepat nya 27 Km dari arah timur kota Kediri. Gunung kelud masih aktif  sampai saat ini. Kelud sendiri berasal dari bahasa belanda “ Cloot” yang artinya Gunung Berapi. Tinggi gunung kelud 1730 M dari permukaan laut.
Sebelum memasuki pintu gerbang gunung kelud, terdapat ke unikan tersendiri, Mysterious Road ( Jaln Misterius ). Yakni jalanan yang bisa membuat kendaraan berjalan sendiri meski tanpa bantuan apapun.  Banyak sekali keindahan yang di tawarkan oleh wisata gunung kelud ini. Telebih jika dilihat pada malam hari, seperti hujan cahaya. Pemandian air hangat yang ada di gunung kelud ikut meramaikan dan mendatangkan wisatawan.  Konon jika kita mandi di pemadian air hangat itu bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit (hanya Tuhan Yang Tahu).


Saya sarankan jika anda akan mengunjungi wisata ini siapkan pakain tebal seperti jaket. Karena di gunung Kelud ini suhu nya cukup dingin, terlebih pada malam hari.

2.    Gunung Kelotok



Gunung Klotok ini tempat wisata yang paling ramai di kunjungi pemuda – pemudi pada hari minggu. Itu dikarenakan gunung Klotok terletak tepat di kota kediri. Yakni di kecamatan Mojoroto kota Kediri.
Tepat di atas Gunung Klotok terdapat sebuah makam salah satu anggota tubuh Eyang Boncolono, yang konon ceritanya  Eyang Boncoloni ini memiliki ilmu kesaktian rawarontek. Sehingga harus di kubur secara terpisah. Tinggi gunung klotok ini hanya 1100 meter dari atas permukaan laut. Terdapat tangga yang di bangun untuk para wisatawan yang hendak naik ke puncak. Jika kita berada di puncak Gunung Klotok, kita bisa menikmati keindahan seluruh kota kediri.
Tidak hanya itu, di kaki gunung Klotok ini terdapat Gua kecil “ Gua Selomangleng”. Menurut sejarah Gua Selomangleng ini adalah Tempat Pertapaan Dewi Killi Suci ( putri Raja Erlangga). Disini Dewi Killi Suci menghilang tanpa bekas/jejak.


Mitos yang di yakini oleh masyarakat setempat adalah Dimana seorang pria mengajak sang kekasihnya (pacar) ke tempat ini hubungannya akan berahir putus.

3.    Air terjun Dolo


Air terjun dolo ini tepat terletak di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Di perkirakan tinggi air terjun ini 125 Meter. Untuk perjalanan menuju Air Terjun Dolo, kita harus berhenti di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan. Selama perjalanan dari Desa Besuki ke Air Terjun Dolo kita akan di sajikan hamparan Hijau Hutan Pinus.

4.    Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo


Tempat ini terletak 15 KM dari kota Kediri. Sebuah tempat yang pernah dijadikan pertapaan Raja Kediri Abad XII atau yang lebih di kenal dengan julukan Raja Joyoboyo. Raja Joyoboyo juga terkenal dengan kitab " JONGKO JOYOBOYO " yang berisi tentang ramalan-ramalan kejadian di masa yang akan datang.
Jika anda kebetulan atau memang sedang berwisata jangan lewatkan tempat ini untuk ber Ziarah atau hanya ingin melihat beberapa peninggalan seperti, Sendang Tirto Kamandanu, Palinggihan Mpu Mharadah dan Arca Totok Kerot.
Sebenarnya masih banyak lagi tempat tempat Wisata Indah di kediri. Antara lain :
•    Taman Wisata Umbalan
•    Puh Sarang
•    Air terjun Irenggolo
•    Surowono
•    Candi Tegowangi
•    Candi Suwono

Sayang nya di artikel ini saya tidak akan memuat semuanya. Mungkin akan saya bahas di lain waktu dan InsyaAllah saya akan postingkan juga mengenai Kuliner – Kuliner yang ada di kota kediri. 
Oya, ada satu tempat lagi yang lupa belum saya sebutkan. Yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Satu – satu nya Monumen Indonesia yang Mirip Sekali dengan Monumen L'Arch de Triomphe yang ada di Paris. Coba Lihat GAMBAR dibawah ini :




Sekali jangan lewatkan Tempat – Tempa Wisata di atas. 
Terimakasih yang sudah menyimak. Somoga Artikel “Mengintip Tempat Wisata kediri ” ini bermanfaat. Amin



Terimakasih Sudah Menyimak Artil Pricillia. Jika Anda menyukai Artikel Blog Pricillia, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel Menarik Setiap hari dari Diary Pricillia

8 komentar:

Akang Budi said...

wah indah juga ya di kediri, saya pernah berkunjung di surowono-kediri, tau gak? terowongan gtu,hehe

Pricillia Putri said...

gak pernah om... akku pernah ke kediri di ajak sama kk angkat(yg ngajarin ngeblog)
terus di ajak ke kelud duaang kok.. emang asli ny om budi mana?

Saud Karrysta said...

Salam N3nx Pricillia...wow amazing yah obyek wisata indonesia yang ada di kediri JATIM..? Kapan saya bisa kesana,,, wah kaya mimipi...salam sejahtera yah Nenx Pri..?
O,ya kalau ada waktu jalan2 jga di kota saya di
Obyek Wisata Yang Ada Di Subang -Jabar
http://karristaent.blogspot.com/2013/05/obyek-wisata-yang-ada-di-subang.html

Pricillia Putri said...

walaikum salam om..
akku aja baru skali ogg kesana om XD
itu pun karna di ajak :)

Hotel di Bandung said...

Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut

Karrysta said...

Neng Pricillia apa kabar nih
lama gak , kontek moga baik2 aja,,

Anonymous said...

emmmh seneng jd orang kediri yang penuh dengan wisata yang masih alami,,, ????

suchi el aiswha said...

yang belum q kunjungi cuma air terjun dolo,, moga liburan besok bisa,,?????????????? oh ya selain itu ada gak,,,?????

Post a Comment